PENINGKATAN MUTU AKREDITASI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN SISTEM MANAJEMEN DOKUMEN ELEKTRONIK (ELECTRONIC DOCUMENT MANAGEMENT SYSTEM)

Fuadz Hasyim, Andi Wijaya

Abstract


Akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu eksternal (SPME) sebagai bagian dari mutu pendidikan tinggi. Borang adalah alat untuk mengumpulkan dan mengungkapkan data dan informasi yang digunakan untuk menilai kelayakan dan mutu institusi Perguruan Tinggi. Dalam penyusunan dokumen borang akreditasi, Perguruan Tinggi mengacu kepada data pendukung yang berkaitan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Perguruan Tinggi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Universitas Nurul Jadid Probolinggo (UNUJA). Permasalahan yang didapatkan pada saat proses pengajuan akreditasi adalah sulitnya melakukan inventarisir terhadap data pendukung yang menjadi syarat kelengkapan data dan informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan borang akreditasi. Hal tersebut dikarenakan belum adanya manajemen pengelolaan arsip yang baik terhadap dokumen pendukung akreditasi di lingkungan UNUJA. Akibatnya meskipun data pendukung yang dibutuhkan ada, namun untuk menemukan dan mendapatkan kembali masih membutuhkan waktu yang relatif lama. Solusi yang bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan sistem manajemen dokumen elektronik berbasis web. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan kepada 50 pengguna sistem didapatkan hasil 90% responden pada fungsionalitas sistem dan 74% responden pada kegunaan sistem.

Keywords


Universitas Nurul Jadid, Akreditasi, Sistem Manajemen Dokumen Elektronik, Web.

References


Menristekdikti, “Permenristekdikti No.32/2016 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi,” pp. 1–8, 2016.

BAN-PT, “Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Buku III Pedoman Penyusunan Borang,” 2011.

T. Rahmawati, “Perancangan Sistem Pengelolaan Dokumen Elektronik Di Bidang Akademik STIMK JENDRAL ACHMAD YANI Yogyakarta,” TEKNOMATIKA, vol. 8, no. 1, pp. 21–32, 2015.

S. W. Hati and S. Nurhayani, “Pengelolaan Arsip Elektronik Terhadap Efisiensi Kerja Karyawan Bagian Staf Kantor Pada Pt Abc Di Batam,” Inovbiz J. Inov. Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 65–80, 2016.

M. Mukred, Z. M. Yusof, U. A. Mokhtar, and N. A. Manap, “Electronic records management system adoption readiness framework for higher professional education institutions in Yemen,” Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 6, no. 6, pp. 804–811, 2016.

P. J. C. Dizon, M. J. Y. Jacob, J. B. Ko, J. J. D. Reyes, M. J. Domingo, and E. V Rodriguez, “University of Santo Tomas Faculty of Medicine Document Management System (MDMS),” in 2017 Manila International Conference on “Trends in Engineering and

Technology” (MTET-17), 2017, pp. 64–70.

A. Mahmood and I. T. Okumus, “Design and Implementation of an Electronic Document Management,” MAKÜ-Uyg. Bil. Derg., vol. 1, no. 1, pp. 9–17, 2017.

The Republic of Indonesia, “The Amendment of 11th Law of 2008 on Information and Electronic Transaction,” pp. 1–22, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v4i2.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fuadz Hasyim, Andi Wijaya


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.