EXPERT SISTEM MENDETEKSI HAMA PADA TANAMAN CABAI MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Abd Ghofur

Abstract


Sistem pakar merupakan sebuah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti layaknya para pakar (Expert). cabai dalam bahasa ilmiahnya disebut Capsium Annum berasal dari Benua Amerika, tepatnya Amerika Tengah dan Amerika Selatan serta Meksiko. Kebutuhan masyarakat akan tanaman cabai semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan masyarakat dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Adapun yang menyebabkan tanaman cabai menurun produksinya terjadi karena adanya serangan hama penyakit pada tanaman cabai khususnya cabai rawit yang banyak ditanam di daeah Wongsorejo Banyuwangi.  Oleh sebab itu para petani pada saat sekarang ini harus menggunakan media misalnya internet untuk mencari solusi dari permasalahannya. Berdasar dari hal itu maka penulis perlu melakukan penelitian dengan topik Sistem Pakar untuk mendeteksi penyakit pada tanaman cabai dengan menggunakan metode Certainty Factor (CF).

Dalam membangun aplikasi sistem pakar mendeteksi penyakit tanaman cabai membutuhkan data penting yang diperoleh dari beberapa buku, jurnal dan pakar sebagai basis pengetahuan yang dimasuhkan ke dalam sistem. Selain itu, juga membutuhkan pembobotan pada gejala penyakita tanaman cabai dan rule untuk mendukung metode yang digunakan.

Aplikasi sistem pakar mendeteksi penyakit tanaman cabai ini mampu menyajikan berbagai macam solusi sebagai jawaban dari sistem untuk mengatasi berbagai macam penyakit atau masalah mengenai tanaman cabai yang digunakan oleh para petani sebagai antisipasi dan penanggulangan dini dalam mengatasi masalah penyakit pada tanaman cabai.

Keywords


Cabai; Certainty Factor; Expert System; Hama; Mendeteksi

References


M. Silmi and E. A. Sarwoko, “Jurnal Masyarakat Informatika,” vol. 4, no. 02, pp. 31–38, 2016.

H. Abdurrahman and R. A. Riri, “APLIKASI PINJAMAN PEMBAYARAN SECARA KREDIT PADA BANK YUDHA BHAKTI,” J. Comput. Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 61–69, 2014.

H. Jeperson, Konsep Sistem Informasi, 3rd ed. Yogyakarta,: Deepublish, 2014.

T. Nur, Hama Penyakit dan Tanaman. Yogyakarta,: Kanisius., 2012.

R. E. Septian and E. Ratnasari, “Pengaruh Kombinasi Ekstrak Biji Mahoni dan Batang Brotowali terhadap Mortalitas dan Aktivitas Makan Ulat Grayak pada Tanaman Cabai Rawit,” 2010.

C. Tristianto, “PENGGUNAAN METODE WATERFALL UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING DAN,” J. Teknol. Inf. ESIT, vol. XII, no. 01, pp. 8–22, 2018.

K. E. Setyaputri and A. Fadlil, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT,” J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 30–35, 2018.

M. Arifin, W. Eka, and Y. Retnani, “Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau,” Berk. SAINSTEK, vol. 1, no. 1, pp. 21–28, 2017.

W. R. Andayanie, “Sosialisasi hama penyakit dan cara penanggulangan dengan bahan organik di desa candimulyo kecamatan dolopo kabupaten madiun,” Media Komun. dan Inf. Has. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.

C. Fiarni, H. Maharani, E. Sipayung, and R. Yonathan, “Conceptual Data Model Untuk Sistem Informasi,” J. Telemat., vol. 12, no. 1, pp. 11–15, 2013.

D. O. Sumadya, R. V. H. Ginardi, and J. Akbar, “Perancangan dan Implementasi Basis Data Aplikasi Web Fotokita,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, pp. 2–5, 2016.

Yudi and Laila, “Aplikasi Sistem Pakar untuk Diagnosa Hama Jeruk dan Pengobatannya Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. IBBI, vol. 2, no. 18, pp. 69–79, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v4i2.165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abd Ghofur


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.