ANALISIS PENGGUNAAN METODE SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) DALAM STRATEGI PENINGKATAN WEBOMETRICS

Salsabila Devina Atmaranti, Badrus Zaman, Ira Puspitasari

Abstract


Globalisasi pendidikan tinggi saat ini diharapkan mampu meningkatkan mutu dan akses perguruan tinggi. Hal tersebut sejalan dengan salah satu kebijakan strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang kebijakan pemerataan dan perluasan akses, mutu dan daya saing lulusan. Sehingga diharapkan setiap institusi pendidikan tinggi di Indonesia bisa memposisikan dirinya dalam deretan World Class University (WCU). Webometrics menjadi salah satu lembaga pengakreditasi WCU. Upaya yang telah dilakukan oleh dua puluh perguruan tinggi di Indonesia yang menduduki peringkat teratas di webometrics untuk meningkatkan ranking sangat beragam, diantaranya dengan menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO) seperti On-Page SEO dan Off-Page SEO. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas konten agar nilai pada indikator visibility webometrics perguruan tinggi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode SEO serta mengidentifikasi metode SEO yang efektif digunakan untuk meningkatkan visibility dalam perangkaian Webometrics pada kedua puluh peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia yang ada di Webometrics. Tahapan dalam penelitian ini yaitu meliputi pengumpulan data, perhitungan visibility tiap perguruan tinggi periode Juli 2019, analisis pada tiap tools SEO terhadap masing – masing perguruan tinggi, perhitungan visibility tiap perguruan tinggi periode Januari 2020, analisis hasil kondisi setelah  upaya peningkatan visibility, evaluasi dan strategi jangka panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode white hat SEO yaitu Off-Page SEO dan On-Page SEO merupakan metode SEO yang baik digunakan oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan peringkat webometrics. Globalisasi pendidikan tinggi saat ini diharapkan mampu meningkatkan mutu dan akses perguruan tinggi. Hal tersebut sejalan dengan salah satu kebijakan strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang kebijakan pemerataan dan perluasan akses, mutu dan daya saing lulusan. Sehingga diharapkan setiap institusi pendidikan tinggi di Indonesia bisa memposisikan dirinya dalam deretan World Class University (WCU). Webometrics menjadi salah satu lembaga pengakreditasi WCU. Upaya yang telah dilakukan oleh dua puluh perguruan tinggi di Indonesia yang menduduki peringkat teratas di webometrics untuk meningkatkan ranking sangat beragam, diantaranya dengan menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO) seperti On-Page SEO dan Off-Page SEO. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas konten agar nilai pada indikator visibility webometrics perguruan tinggi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode SEO serta mengidentifikasi metode SEO yang efektif digunakan untuk meningkatkan visibility dalam perangkaian webometrics pada kedua puluh peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia yang ada di webometrics. Tahapan dalam penelitian ini yaitu meliputi pengumpulan data, perhitungan visibility tiap perguruan tinggi periode Juli 2019, analisis pada tiap tools SEO terhadap masing – masing perguruan tinggi, perhitunganvisibility tiap
perguruan tinggi periode Januari 2020, analisis hasil kondisi setelah upaya peningkatan visibility, evaluasi dan strategi jangka panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode white hat SEO yaitu Off-Page SEO dan On-Page SEO merupakan metode SEO yang baik digunakan oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan peringkat webometrics.

Keywords


Backlink; On Page SEO; Off Page SEO; Search Engine Optimization (SEO); Visibility; Webometrics

References


I. F. Aguillo, "About Us," 29 Januari 2020. [Online]. Available: http://www.webometrics.info/en/About_Us.

L. Bjorneborn and P. Ingwersen, "Towards a Basic Framework for Webometrics," Journal of American Society for Information Science and Technology, pp. 1216-1227, 2004.

H. Sukoco, F. Ardiansyah, Y. Yulia, K. B. Seminar, Y. D. Indriani, A. Mulyana and F. Ahmad, Peningkatan Ranking Situs WEB Institut Pertanian Bogor, Bogor: Direktorat Komunikasi dan Sistem Informasi Institut Pertanian Bogor, 2009.

A. Sohail, Search Engine Optimization Methods & Search Engine Indexing for CMS, Master‟s Thesis, Lappeenranta University of Technology, 2012.

J. P. Poongkode and V. Nirosha, "A Study on Various Search Engine Optimization Techniques," International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering, pp. 6738 - 6742, 2014.

B. Muller, "Beginner's Guide to SEO," 6 December 2019. [Online]. Available: https://moz.com/beginners-guide-to-seo/why-search-engine-marketing-is-necessary.

I. SEMrush, "Introduction SEOQuake," 6 Desember 2019. [Online]. Available: https://www.seoquake.com/guide/index.html.

Kerlinger, Asas - Asas Penelitian Behaviour (Vol.3), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.

S. Wasan and R. Chakravarty, "Library Websites Evaluation of Higher Educational Institutes (HEIS) of India: A Web Analysis," International Journal of Information, Library & Society, pp. 5 - 12, 2018.

P. K. Wallia and P. Kaur, "Webometric analysis of library association’s websites of India," IASLIC Bulletin, pp. 131-143, 2008.

M. Verma and K. Brahma, "A webometric analysis of national libraries’ websites in South Asia," Annals of Library and Information Studies, pp. 116-224, 2017.

K. Rehman and M. N. A. Khan, "The Foremost Guidelines for Achieving Higher Ranking in Search Results through Search Engine Optimization," International Journal of Advanced Science and Technology Vol. 52, pp. 101 - 109, 2013.

R. Kumar and S. Saini, "A Study on SEO Monitoring System Based on Corporate Website Development," International Journal of Computer Science, Engineering and Information Technology (IJCSEIT), Vol.1, No.2, pp. 42-49, 2011.

N. M. Khan and F. Shezad, "The Evaluationof National Library's Websites of Bangladesh, India, Iran, Pakistan and Sri Lanka," Pakistan Library & Information Science Journal, pp. 4-11, 2015.

G. Jhumb and A. Ruhela, "A Webometrics Study of The Websites of Public Libraries," International Journal of Library and Information Studies, pp. 83-89, 2017.

J. I. Jerkovic, SEO Warrior: Essential Techniques for Increasing Web Visibility, Sebastopol: O'Reilly Media, Inc., 2010.

R. Ismailova and G. Kimsanova, "Universities of the Kyrgyz Republic on the Web: accessibility and usability," Universal Access in the Information Society, p. 1017–1025, 2016.

V. N. Gudivada, D. Rao and J. Paris, "Understanding Search- Engine Optimization," IEEE Computer Society, pp. 43-52, 2015.

D. Google, "Lighthouse," 6 Desember 2019. [Online]. Available: https://developers.google.com/web/tools/lighthouse.

T. C. Almind and P. Ingwersen, "Informetric analyses on the World Wide Web. Methodological approaches to 'webometrics'," Journal of Documentation, pp. 404-426, 1997.

M. Akram, I. Sohail, S. Hayat, I. Shafi and M. Saeed, "Search Engine Optimization Techniques Practiced in Organizations : A Study of Four Organizations," Journal of Computing, Vol.2, pp. 134-139, 2010.

I. F. Aguillo and J. L. Ortega, "Indicators for a Webometric Ranking of Open Access Repositories," Scientometrics, pp. 477-486, 2010.

"Webometrics Methodology," 29 Januari 2020. [Online]. Available: http://webometrics.info/en/Methodology.

"Ranking Web of Universities in Indonesia," 29 Januari 2020. [Online]. Available: http://webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v5i1.185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Salsabila Devina Atmaranti


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.