APLIKASI GOVIS (GO-VISIT) DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PROBOLINGGO

Moh. Furqan, Muafi Muafi, Aprilia Dwi Ariska

Abstract


Provinsi Jawa Timur terdiri dari 29 Kabupaten dan 9 Kota, setiap Kota atau Kabupaten memiliki potensi wisata dan budaya yang beraneka ragam. Wisata dan budaya setiap daerah tersebut mempunyai karakteristik dan keunikan sendiri yang perlu dikembangkan dan dilestarikan. Salah satu potensi budaya dan pariwisata yang ada di Jawa Timur adalah di Kabupaten Probolinggo. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Probolinggo merupakan suatu instansi yang bertanggung jawab dalam mempublikasikan Pariwisata yang ada pada  Probolinggo. Sejauh ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Probolinggo dalam mempublikasikan tempat – tempat umum yang ada di Probolinggo masih menggunakan media online berbasis website, selain itu informasi yang kurang lengkap mengenai tempat – tempat umum yang ada di Probolinggo membuat wisatawan kesulitan dalam mendapatkan suatu informasi yang ingin mengadakan perjalanan wisata yang ada di Probolinggo. Sehingga dengan adanya suatu aplikasi yang memanfaatkan teknologi android ini dapat membantu mengatasi permasalahanpermasalahan pada bidang pariwisata. Sedangkan penelitian ini menggunakan metode WATERFALL dalam pengembangan sistemnya dengan urutan langkah-langkah di mulai rekayasa kebutuhan, desain, pengkodean atau implementasi, pengujian dan tahap pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini didapatkan sebuah program berbasis web dan android yang dirancang untuk mengelola aplikasi go visit probolinggo secara online.Hasil dari perancangan Aplikasi Go Visit Probolinggo ini dapat memberikan kemudahan bagi petugas dalam mempublikasikan wisata yang ada di Probolinggo dan bagi wisatawan dalam mendapatkan informasi tentang tempat wisata.

References


Anwar, S. N. (2015). Perancangan dan implementasi aplikasi mobile semarang Guidance pada Android.

Indrajani. (n.d.). In A. M. Komputindo, Perancangan Basis Data all in 1 (p. 2015). Jakarta.

Mertayasa, D. M. (2017). sistem informasi pariwisata pantai berbasis WEB pada dinas pariwisata dan ekonomi kreatif kabupaten kepulauan

banggai.

Minarni. (2015). Sistem Informasi Geografis pariwisata kota padang menggunakan application Programming Interface (API) Google Maps berbasis WEB.

Salbino. (2014). Jurnal Sains dan Tknologi Utama.

Saputro. (2016). WEB. Rancang bangun E-Vooting dengan menggunakan keamanan Algoritma Rivest Shamr Adleman(RSA) Berbasis WEB ,24.

Shalahuddin, R. d. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstrutur dan Beriorentasi Objek .

Shalahuddin, S. d. (2014). Data Flow Diagram. 288.

Shalahuddin, S. d. (2014). Diagram entity Relationship (Diagram E-R). 284.

Susanto, M. (2015). analisis dan desain aplikasi multimedia. Jurnal computech and bisnis, 69.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v4i1.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 aprilia dwi ariska


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.