PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID "HITUNG CEPAT MATEMATIKA"

Moh Syadidul Itqan, Wahab Syaroni, Abu Tholib

Abstract


Pengembangan aplikasi android dalam penelitian ini untuk menjadi media belajar hitung cepat matematika bagi siswa sekolah mengah atas. Salah satu media pembelajaran yang banyak  digunakan saat ini adalah aplikasi android. Alasan menggunakan aplikasi android sebagai media pembelajaran merupakan tuntutan dari revolusi industry 4.0 dalam segala bidang termasuk pendidikan. Android adalah sebuah system operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup system operasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka[1]. Hasil observasi pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Nurul Jadid diperoleh fakta bahwa 20 siswa dari 26 siswa merasa tidak menyukai matematika karena prosedur pemecahan masalahnya rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R & D), dikarenakan penelitian ini mengembangkan aplikasi android.Model pengembangan system yang digunakan adalah model waterfall (air terjun). Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan aplikasi android hitung cepat matematika sebagai media belajar siswa sekolah menengah atas.

                                                                                                                 

Kata Kunci: Android, Hitung, Matematika.


References


N. A. Nugroho dan A. Ramadhani, “Aplikasi pengenalan bangun ruang berbasis Augmented Reality menggunakan android,” Jurnal Sains dan Teknologi,vol. 1 no. 1, hal. 20-24, Juni, 2015.

I. Vandini, “Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa,” Jurnal Formatif,vol. 5 no. 3, hal. 210-219, Januari, 2015.

Oetami, Rahasia Berhitung Matematika, Sura-baya: Anugrah, 2008, hal. 2-5

L. N. Sujiono, Metode Pengembangan Kognitif, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008, hal 10-14

E. Gunarti, “Hubungan antara kreatifitas, kemampuan numerik, dan sikap siswa terhadap pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Pundong,” UNION: Jurnal Pendidikan Matematika,vol. 5 no. 1, hal. 1-10, Maret, 2017.

N. H. Safaat, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android, Bandung: Informatika, 2012, hal. 1-5

H. N. Lengkong, “Perancangan penunjuk rute pada kendaraan pribadi menggunakan aplikasi mobile GIS berbasis Android yang terintegrasi pada Google Maps,” EJournal Teknik Elektro dan Komputer,vol. 4 no. 2, hal. 18-25, April, 2015.

M. Salahuddin Dan A.S Rosa., Pemrograman J2ME Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile, Bandung : Informatika, 2010, hal. 1-4

P. Setyosari , Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013, hal. 224-227

C. Tristianto, “Penggunaan metode waterfall untuk pengembangan sistem monitoring dan evaluasi pembangunan pedesaan,” Jurnal Teknologi Informasi ESIT, vol. XII no. 01, hal. 8-22, April, 2018.

M. S. Mustaqbal, “Pengujian aplikasi menggunakan Blackbox testing boundary value analysis,” Jurnal Ilmia Teknologi Informasi Terapan, vol. 1 no. 3, hal. 31-36, Agustus, 2015.

H. pratiwi, “Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan berprestasi menggunakan metode Multifactor Evaluation Process,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 5 no. 2, hal. 95-101, September, 2014.

Emzir, Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta : Rajawali Pers, 2010, hal. 33-36

D. Setyadi, “Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai sarana berlatih mengerjakan soal matematika,” Jurnal Satya Widya, vol. 33 no. 02, hal. 87-92, Desember, 2017.

S. Hartati, “Sistem aplikasi Educhat STIMIK Pringsewu berbasis android sebagai media komunikasi dan informasi,” Jurnal TEKNOSI, vol. 03 no. 01, hal. 143-152, April, 2017.

W. A. Indhaka, “Penerapan buku sekolah elektronik berbasis android dalam materi ajar besaran dan satuan,” Jurnal Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, vol. 17 no. 02, hal. 1-8, Mei, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.